Rabu, 28 November 2012

ARTIKELMATERI 8 : MEMOTIVASI KARYAWAN DAN MEMBANGUN TIM YANG MANDIRI

Bentuk-bentuk memotivasi seseorang dalam bekerja ,melalui : pengakuan , prestasi , status ,dan penghargaan.
macam-macam penghargaan :
  1. penghargaan intrinsik : kepuasan pribadi yang anda rasakan ketika anda bekerja dengan baik dan mencapai tujuan .
  2. penghargaan ekstrinsik : sesuatu yang diberikan kepada anda oleh orang lain sebagai pengakuan atas pekerjaan yang baik ,termasuk kenaikan bayaran  ,pujian dan promosi.
Metode memotivasi karyawan yang dikemukakan oleh para ahli menejement :
  • metode memotivasi yang dikemukakan FREDERICK TAYLOR (Metode menejemen ilmiah ) meliputi:
1. Studi gerakan waktu
2. Prinsip ekonomi gerakan
  • prinsip yang dikemukakan MAYO ,bahwa terlibat beberapa faktor manusia dan psikologi ,meliputi :
1. Para pekerja di ruang pernguji menganggap diri mereka sebagai kelompok sosial.
2. Para pekerja terlibat dalam perencanaan eksperimen .
3. Tidak peduli seperti apa kondisi fisiknya , para pekerja menikmati suasana ruang spesial mreka dan bayaran tambahan yang mereka dapat untuk produktivitas lebih .
Efek Hawthrone : kecenderungan orang untuk berprilaku secara berbeda ketika mereka tahu mereka sedang di pelajari .
  • hierarki kebutuhan MASLOW :
1. kebutuhan fisiologis
2. kebutuhan keslamatan
3. kebutuhan sosial
4. kebutuhan harga diri
5. kebutuhan aktualisasi diri
  • Faktor yang memotivsi dari HERZBERG :
1. rasa pencapain
2. pengakuan yang didapat
3. minat dalam pekerjaan itu sndiri
4. peluang untuk pertumbuhan
5. peluang untuk kemajuan
6. pentingnya untuk tanggung jawab
7. hubungan kawan sebaya dan kerlompok
8. bayaran
9. keadilaan penyelia
10. kebijaksanaan dan peraturan perusahaan
11. status
12. keamanan pekerja
13. keramahan penyelia
14. kondisi bekerja
  • Strategi pengayaan pekerjaan untuk memotivasi
1. Pembesaran pekerjaan : strategi yang melibatkan pengkombinasian serangkaian tugas ke dalam satu tugas yg menantang atau menarik .
2. Rotasi pekerjaan : strategi yang melibatkan pemindahan karyawan dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lainnya .
  • Teori X dan Y MC GREGOR
asumsi teori X :
1. orang biasa tidak menyukai pekerjaan dan akan menghindarinya bila mungkin .
2. karena ketidaksukaan ini , para pekerja harus dipaksa, dikendalikan , diarahkan atau diancamguna mencapai tujuan.
3. pekerja biasa memilih untuk diarahkan , berharap menghindari tanggung jawab ,memiliki ambisi yang relatif kecil
4. motivator utama adalah rasa takut dan uang
asumsi teori Y :
1. sebagaian orang suka bekerja
2. sebagaian besar orang dangan sendirinya berusaha mencapai tujuan yang telah menjadi komitmen mereka
3. dalamnya komitmen mereka terhadap tujuan tergantung pada penghargaan
4. karyawan bekerja dengan lebih baik dalam lingkungan kerja yang tidak terintimidasi
5. karyawan termotivasi oleh banyak kebutuhan yang berbeda
  • Teori Z OUCHI :
asumsi teori Z :dan negatif
1. keterlibatan karyawan adalah kunci utama produktivitas yang meningkat
2. kendali karyawan diimplikasi dan tidak formal
3. karyawan lebih menyukai berbagai tanggung jawab dan pembuatan keputusan
4. karyawan bekerja lebih baik di lingkungan yang memajukan kepercayaan dan kooperasi
5. karyawan membutuhkan pekerjaan yang terjamin dan akan menerima evaluasi dan promosi yang lambat
  • Teori penentuan tujuan dan manajemen menurut obyektif
1. Teori penentuan tujuan : pemikiran bahwa penentuan tujuan yang ambisius , tetapi dapat dicapai dapat memotivasi pekerja dan meningkatkan kinerja.
2. manajement menurut objektif : sistem penentuan tujuan dan implementasi yang melibatkan sistem diskusi ,tinjauan dan evaluasi objektif.
  • Teori Harapan (Victor Vroom)
bahwa jumlah usaha yang digunakan para karyawan dalam tugas twrtentu bergantung pada harapan mereka akan hasil .
  • Teori Penguatan
bahwa penguat yang positif dan negativ memotivsi seseorang dalam berprilaku dengan cara-cara tertentu.
  • Teori Keadilan
pemikiran bahwa karyawan selalu berusaha untuk mempertahankan keadilan antara masukan dan hasil bila dibanding dengan orang lain dalam posisi yang sama .
  • Membangun kerja sama tim melalui komunikasi terbuka , meliputi :
1. Menciptakan kultur organisasional yang menghargai sikap mendengarkan
2. Melatih para penyelia dan manajer untuk mendengarkan
3. Meniadakan penghalang untuk komunikasi yang terbuka
4. Secara aktif melakukan upaya untuk memfasilitasi komunikasi
  • Menerapkan Komunikasi Terbuka dalam Tim yang Mandiri
  • Memotivasi di Masa depan
1. membayar untuk kinerja
2. mendengarkan karyawan otoritas
3. melindungi budaya
4. mencoba tehnologi yang belum terbukti

Sumber : http://mundy.blog.perbanas.ac.id/2011/11/16/artikel-bab-10-memotivasi-karyawan-dan-membangun-tim-yang-mandiri/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar