Rabu, 07 November 2012

CARA MEMULAI USAHA

Ingin punya usaha? Namun bingung cara memulainya? Ya, saya dulunya juga seperti ini. Mau kerja, saya gak lulus test, gak punya bakat kerja, gak jago kerja, beda dengan orang kebanyakan, yang berbakat kerja. Beruntunglah yang punya bakat kerja, saya sendiri bila test wawancara kerja, gagal terus.


Sudah susah payah melewati test psiko, namun selalu gagal di wawancara, ya karena gak bakat kerja tadi, gak jago kerja. Satu-satunya jalan agar bisa makan, bisa punya uang, bisa membeli apa yang diinginkan, bisa hidup, ya harus cari uang, alias harus usaha. Karena gak punya uang terus itu gak enak, jadi harus bikin usaha. Nah, supaya punya usaha, tentunya haruslah memulai usaha, karena kalo gak mulai-mulai punya usaha, akhirnya ya gak akan punya usaha.


Pas mau mulai usaha, saya pun nyangkut di modal. Saya coba ajak kawan-kawan saya, saya paparkan visi misinya (bahasa keren visi dan misi…), mereka tertarik. Namun, pas cerita modal, nah ini dia, problem mulai muncul. Beberapa yang tertarik, nyangkut. Waktu itu sama-sama baru lulus kuliah, sama-sama modal minim. Ada teman yang jurusan ekonomi, pinter itung2an, itung modal, itu BEP, keluarlah pernyataan : “Wahhh.. sepertinya lama nich balik modalnya…” akhirnya gak jadi dech, ia pun mengambil jalan melamar kerja. Sedangkan saya? Saya gak punya bakat kerja. Gimana? Saya bingung waktu itu, akhirnya ya, saya baca2 buku pengusaha sukses, seperti Purdi Chandra pemilik Bimbel Primagama. Terus baca juga koran yang mengupas tentang Bob Sadino. Saya baca lagi beberapa buku tentang wirausaha. Aha… akhirnya saya dapatkan cara mudah memulai usaha.


Nah, cara mudah memulai usaha, adalah Mulai saja. Sama seperti mau berjalan jauh. Mulai melangkah saja. Dengan melangkah baru akan tau apa2 saja yang akan dialami, didapatkan, ataupun resikonya. Itung2an boleh, perlu, namun pasti ada yang terlewatkan yang di luar itungan manusia. Misalkan, membuka toko, bisa jadi ada yang borong beli. Atau dapat proyek besar. Rezeki kaget..
..



Sumber :
http://universitasbisnis.com/?reg=ahmad2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar