Pemasaran adalah Proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan
harga,promosi, serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi
pertukaran yang memenuhi objektif individual dan organisasional. Selama
era produksi, pemasaran sebagian besar merupakan fungsi distribusi.
Penekanan adapada memproduksi sebanyak mungkin barang dan membawanya ke
pasar. Pada awal tahun 1920-an, selama era penjualan, penekanan beralih
ke penjualan dan periklanan untuk membujuk pelanggan membeli barang yang
sudah ada yang diproduksi oleh produksi massa. Konsep pemasaran dibagi
atas tiga bahian yaitu : (1)Orientasi pelanggan, (2)Orientasi jasa,
(3)Orientasi laba.Semua jenis organisasi menggunakan pemasaran termasuk
organisasi nirlaba dan laba
Bauran pemasaran terdiri atas empat P pemsaran: produk, harga, tempat
dan promosi.ada empat langkah yang untuk melakukan penelitian pasar:
Mendefinisikan pertanyaan(masalah atau peluang) dan menentukan situasi
saat ini, Mengumpulkan data, Menganalisis data penelitian, Memilih
solusi terbaik dan mengimplementasikannya. Penelitian pemasran adalah
Analisis pasar untuk menentukan peluang dan tantangan, dan untuk mencari
informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang baik. Pemindaian
lingkungan adalah Proses pengidentifikasian faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi keberhasilan pemasaran.
Evolusi Bidang Pemasaran.
Evolusi pemasaran di Amerika Serikat melibatkan 4 era yaitu:
• Produksi
• Penjualan
• Konsep Pemasaran
• Hubungan Pelanggan.
1. Era Produksi.
Dari kali pertama penghuni Eropa memulai perjuangan mereka untuk
bertahan hidup di Amerika sampai awal tahun 1900-an, filosofi umum
bisnis adalah “produksilah sebanyak mungkin karena ada pasar yang tidak
terbatas”. Dengan kapabilitas produksi yang terbatas dan banyaknya
permintaan untuk produk-produk pada jaman itu, filosofi yang seperti ini
logis dan menguntungkan. Para pemilik bisnis kebanyakan adalah petani,
tukang kayu, dan pekerja dagang.
2. Era penjualan.
Pada tahun 1920-an, bisnis telah mengembangkan teknik produksi masa dan
kapasitas produksi sering melebihi permintaan pasar langsung. Oleh
karena itu, filosofi bisnis berubah dari penekaan pada produksi menjadi
penekaan pada penjualan.
3. Era Konsep Pemasaran.
Setelah perang dunia ke 2 berakhir, pada tahun 1945 ada banyak
permintaan akan barang dan jasa diantara para prajurit yang kembali yang
memulai karier baru dan membina keluarga. Bisnis mengakui kebutuhan
untuk bersikap responsive terhadap konsumen apabila mereka ingin
mendapatkan bisnis mereka, dan pada tahun 1950-an muncullah folosofi
yang disebut konsep pemasaran.
Konsep Pemasaran memiliki tiga bagian yaitu:
- Orientasi Pelanggan
- Orientasi Jasa
- Orientasi Laba.
4. Era Hubungan Pelanggan.
Pada tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an, para manejer mengembangkan
konsep pemasaran dengan menggunakan konsep manajemen hubungan pelanggan.
Manajemen hubungan pelanggan adalah proses mempelajari sebanyak mungkin
tentang pelanggan dan melakukan segala hal yang Anda dapat lakukan
untuk memuaskan mereka atau bahkan melebihi harapan mereka dengan barang
dan jasa.
SUMBER :
http://dicky680.blog.perbanas.ac.id/2011/12/13/bab-13-pemasaran-membangun-hubungan-pelanggan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar