Rabu, 19 Desember 2012

MATERI 11 : MENGGUNAKAN TEKNIK-TEKNIK PROMOSI YANG EFEKTIF



      Promosi adalah usaha-usaha para pemasar untuk memberi informasi dan mengingatkan orang-orang dalam pasar sasaran mengenai produk-produk, dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam pertukaran.
      Langkah-langkah dalam sebuah kampanye promosi
                             1. Mengidentifikasi pasar
                 2. Menentukan tujuan
                 3. Menentukan suatu anggaran promosi
                 4. Mengembangkan satu pesan terpadu
                 5. Mengimplementasikan rencana
                 6. Evaluasi efektivitas

Komunikasi pemasaran terpadu adalah satu teknik yang mengombinasikan semua alat promosi
Menjadi satu strategi promosi yang menyeluruh dan terpadu.
      Tujuan dari pemasaran terpadu :
-          Membangun kualitas merk
-          Memberikan informasi
-          Kelola permintaan dan membangun penjualan
-          Membedakan produk
-          Pengaruh persepsi, sikap dan perilaku pembeli

           Bauran promosi adalah kombinasi dari alat-alat promosi yang digunakan satu organisasi.
          1. Iklan
    Komunikasi non-personal dengan bayaran melalui berbagai media oleh organisasi-organisasi     dan individu-individu yang dengan satu cara teridentifikasi didalam pesan
·         Meningkatkan penggunaan infomersial
·         Pemasangan iklan berpindah ke internet
·         Iklan global
-        2. Penjualan pribadi
    Presentasi dan promosi barang dan jasa secara tatap muka
·         Prospek dan kualifikasi
·         Pra-pendekatan
·         Pendekatan
·         Melakukan presentasi
·         Menjawab keberatan
·         Menutup penjualan
·         Tindak lanjut
-        3. Hubungan masyarakat
   Fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap masyarakat, mengubah kebijak-kebijakan dan prosedur-prosedur untuk merespon permintaan masyarakat, dan melaksanakan sebuah program yang terdiri atas tindakan dan informasi untuk mendapatkan pengertian dan penerimaan masyarakat
·         Publisitas
-         4. Promosi penjualan
    Alat promosi yang menstimulasikan pembelian konsumen dan minat diler melalui aktivitas-aktivitas jangka pendek
·         Sampling
·         Word of mouth
·         Internal dan eksternal
·         Swag
·         Blogging
·         Podcasting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar