Minggu, 02 Desember 2012

MATERI 9B : MENGEMBANGKAN DAN MENENTUKAN HARGA PRODUK DAN JASA



Apa yang dimaksud dengan NILAI?
Yaitu kualitas bagus pada harga yang wajar. Saat konsumen menghitung nilai dari satu produk, mereka melihat manfaat-manfaatnya dan lalu menguranginya dengan biaya-biaya untuk melihat apakah manfaatnya melebihi biayanya.

Penawaran produk total yaitu segala hal yang dievaluasi konsumen saat memutuskan apakah ia akan membeli suatu barang. Lini produk yaitu sekolompok produk yang secara fisik mirip atau ditujukan untuk pasar yang serupa. Bauran produk yaitu kombinasi dari seluruh lini produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan manufaktur. Diferensiasi produk yaitu penciptaan perbedaan-perbedaan produk, baik yang nyata maupun yang dipersepsikan.

Memasarkan kelas-kelas barang konsumsi dan jasa yang berbeda :
Ø  Barang dan jasa KONSUMSI :
·         Barang dan jasa sehari-hari
·         Barang dan jasa pembelanjaan
·         Barang dan jasa khusus
·         Barang dan jasa tidak terduga
Ø  Barang dan jasa INDUSTRI :
·           Barang produksi
·           Barang pendukung

Semakin pentingnya kemasan :
1.         Melindungi produk didalamnya
2.         Menarik perhatian pembeli
3.         Menjelaskan isinya dan memberi informasi mengenai isi
4.         Menjelaskan manfaat produk
5.         Menyediakan informasi mengenai jaminan, peringatan, dan masalah-masalah konsumen lainnya
6.         Memberi indikasi harga, nilai, dan kegunaan

Merek dan ekuitas merek
Merek yaitu sebuah nama, simbol, atau desain yang mengidentifikasi barang atau jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan membedakannya dari barang dan jasa pesaing.
Kategori merek :
-          Merek diler/label privat
-          Barang generik
-          Merek palsu
Ekuitas merek yaitu kombinasi faktor-faktor seperti kesadaran, kesetiaan, anggapan kualitas, citra, dan emosi yang diasosiasikan dengan nama merek tertentu.

                Proses pengembangan produk baru :
1.         Pengumpulan ide
2.         Seleksi produk
3.         Analisis produk
4.         Pengembangan
5.         Pengujian
6.         Komersialisasi

Daur hidup produk
Merupakan sebuah model teoretis dari apa yang terjadi pada penjualan dan laba untuk satu kelas produk seiring berjalannya waktu.
Tahap daur hidup :
·         Pengenalan
·         Pertumbuhan
·         Kedewasaan
·         Penurunan

Harga bersaing
                Tujuan penentuan harga :
Ø  Mencapai sasaran pengembalian atas investasi
Ø  Membangun arus lalu lintas produk
Ø  Mendapatkan pangsa pasar lebih banyak
Ø  Menciptakan suatu citra
Ø  Mencapai tujuan-tujuan sosial
Pendekatan penentuan harga :
·         Harga berdasarkan biaya
·         Harga berdasarkan permintaan
·         Harga berdasarkan persaingan
Strategi harga :
ü  Strategi penetrasi
ü  Strategi harga skimming
ü  Strategi harga tinggi rendah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar