Rabu, 07 November 2012

MATERI 6 : MENGADAPTASI ORGANISASI PADA PASAR SEKARANG



Ekonomi skala yaitu situasi dimana perusahaan dapat mengurangi biaya produksi apabila mereka dapat membeli bahan mentah dalam jumlah besar; biaya rata-rata barang menurun ketika tingkat produksi meningkat.

Fayol memperkenalkan prinsip-prinsip organisasi tersebeut sebagai berikut :
-          Kesatuan pemerintah
-          Hierarki otoritas
-          Divisi tenaga kerja
-          Subordinasi kepentingan individual dengan kepentingan umum
-          Otoritas
-          Tingkat sentralisasi
-          Saluran komunikasi yang jelas
-          Tata tertib
-          Keadilan
-          Esprit de corps
Weber juga memperkenalkan prinsip-prinsip yang mirip dengan prinsip Fayol, Weber menekankan :
-          Deskripsi pekerjaan
-          Peraturan tertulis, garis pedoman keputusan, dan catatan yang mendetail
-          Prosedur, peraturan, dan kebijaksanaan yang konsisten
-          Promosi dan susunan kepegawaian yang didasari pada kualifikasi

Mengikuti konsep para teoretikus, seperti fayol dan weber, banyak perusahaan masih diorganisasi seperti itu, dengan segala hal yang telah ditentukan dalam sebuah hierarki. Hierarki adalah sistem yang menempatkan satu orang berada dipuncak organisasi dan ada sususan yang bertingkat atau berurutan dari atas ke bawah menuju para manajer dan orang lain yang bertanggung jawab kepada orang itu. Rantai komando adalah garis otoritas yang bergerak dari atas hierarki menuju tingkat yang terendah. Birokrasi adalah istilah yang digunakan untuk sebuah organisasi yang memilik banyak lapisan manajer yang menentukan peraturan dan mengawasi semua keputusan.

Ketika merancang organisasi yang responsif, perusahaan harus berhadapan dengan beberapa isu organisasional :
1.      Sentralisasi versus desentralisasi
-          Otoritas yang tersentralisasi
Sebuah struktur organisasi yang mempertahankan otoritas pengambilan keputusan ditingkat manajemen puncak dimarkas besar perusahaan
-          Otoritas yang terdesentralisasi
Sebuah struktur organisasi yang mendelegasikan otoritas pengambilan keputusan kepada manajer tingkat lebih rendah yang lebih familier dengan kondisi lokal ketimbang manajemen markas besar
2.      Rentang kendali
Jumlah optimal bawahan yang diawasi atau yang harus diawasi oleh seorang manajer
3.      Struktur organisasi yang tinggi versus datar
-          Struktur organisasi yang tinggi
Struktur organisasi dimana bagan organisasi piramida akan sangat tinggi dikarenakan berbagai tingkat manajemen
-          Struktur organisasi yang datar
Struktur organisasi yang memiliki sedikit lapisan manajemen dan rentang kendali yang luas
4.      Departementalisasi
Pembagian fungsi organisasional menjadi unit-unit terpisah

MODEL-MODEL ORGANISASI
A.      ORGANISASI JALUR
Organisasi yang memiliki jalur dua arah langsung untuk tanggung jawab, otoritas, dan komunikasi yang berjalan dari atas ke bawah organisasi, dengan semua orang melapor hanya pada satu supervisor
B.      ORGANISASI JALUR DAN STAF
-          Personel jalur
Para karyawan yang merupakan bagian dari rantai komando yang bertanggung jawab untuk mencapai tujuan organisasional
-          Personel staf
Para karyawan yang menasihati dan membantu personel jalur dalam mencapai tujuan mereka
C.      ORGANISASI GAYA MATRIKS
Organisasi yang mengumpulkan para spesialis dari bagian-bagian berbeda organisasi untuk mengerjakan proyek-proyek tertentu, tetapi masih merupakan bagian struktur jalur dan staf
D.     TIM-TIM MANDIRI LINTAS FUNGSIONAL
Kelompok karyawan dari departemen yang berbeda yang bekerja sama secara jangka panjang 

MENGATUR INTERAKSI ANTARPERUSAHAAN
Melibatkan pelanggan, pemasok dan distributor, pemerintah, jejaring adalah menggunakan teknologi komunikasi dan cara lain untuk menghubungkan organisasi-organisasi dan memungkinkan mereka untuk bersama-sama mencapai objektif umum. Organisasi-organisasi dihubungkan dengan internet, sehinggan setiap organisasi dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh organisasi lain secara real time. Real time berarti saat sekarang atau waktu aktual saat sesuatu terjadi. Efek internet adalah sebuah konsep yang agak baru yang disebut transparasi. Transparasi adaalah konsep yang mendeskripsikan sebuah perusahaan yang begitu terbuka dengan perusahaan lain yang bekerja sama dengannya, sehingga penghalang yang tadinya solid diantara mereka menjadi tembus pandang dan informasi elektronik dibagikan seolah perusahaan-perusahaan itu adalah satu perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang dapat digantikan yang bergabung dan pergi sesuai kebutuhan disebut korporasi virtual yaitu jaringan organisasi temporal yang terdiri atas perusahaan-perusahaan yang dapat digantikan yang bergabung dan pergi sesuai kebutuhan. Benchmarking adalah membandingkan praktik, proses, dan produk satu organisasi dengan praktik, proses, dan produk organisasi terbaik dunia.

BERADAPTASI TERHADAP PERUBAHAN
Struktur perubahan-perubahan dalam pasar :
-          Restrukturisasi untuk pemberdayaan
Restrukturisasi adalah mendesain ulang sebuah organisasi, sehingga dapat secara lebih efektif dan efisien melayani pelanggannya
-          Berfokus pada pelanggan
-          Menciptakan kultur organisasional yang berorientasi pada perubahan
Kultur organisasional / korporat yaitu nilai yang dimiliki secara luas didalam organisasi yang memberikan kesatuan dan kooperasi untuk mencapai tujuan umum
-          Organisasi formal dan informal
Organisasi formal adalah struktur yang memperinci jalur-jalur tanggung jawab, otoritas, dan posisi yang berarti, struktur yang diperlihatkan dibagian organisasi
Organisasi informal adalah sistem hubungan yang berkembang secara spontan ketika para karyawan bertemu dan membentuk pusat kekuatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar