Ekonomi skala yaitu situasi dimana perusahaan
dapat mengurangi biaya produksi apabila mereka dapat membeli bahan mentah dalam
jumlah besar; biaya rata-rata barang menurun ketika tingkat produksi meningkat.
Fayol memperkenalkan prinsip-prinsip
organisasi tersebeut sebagai berikut :
-
Kesatuan
pemerintah
-
Hierarki
otoritas
-
Divisi
tenaga kerja
-
Subordinasi
kepentingan individual dengan kepentingan umum
-
Otoritas
-
Tingkat
sentralisasi
-
Saluran
komunikasi yang jelas
-
Tata
tertib
-
Keadilan
-
Esprit
de corps
Weber juga memperkenalkan prinsip-prinsip
yang mirip dengan prinsip Fayol, Weber menekankan :
-
Deskripsi
pekerjaan
-
Peraturan
tertulis, garis pedoman keputusan, dan catatan yang mendetail
-
Prosedur,
peraturan, dan kebijaksanaan yang konsisten
-
Promosi
dan susunan kepegawaian yang didasari pada kualifikasi
Mengikuti
konsep para teoretikus, seperti fayol dan weber, banyak perusahaan masih
diorganisasi seperti itu, dengan segala hal yang telah ditentukan dalam sebuah
hierarki. Hierarki adalah sistem yang menempatkan satu orang berada
dipuncak organisasi dan ada sususan yang bertingkat atau berurutan dari atas ke
bawah menuju para manajer dan orang lain yang bertanggung jawab kepada orang
itu. Rantai
komando adalah garis otoritas yang bergerak dari atas hierarki menuju
tingkat yang terendah. Birokrasi adalah istilah yang
digunakan untuk sebuah organisasi yang memilik banyak lapisan manajer yang
menentukan peraturan dan mengawasi semua keputusan.
Ketika
merancang organisasi yang responsif, perusahaan harus berhadapan dengan
beberapa isu organisasional :
1. Sentralisasi versus desentralisasi
-
Otoritas
yang tersentralisasi
Sebuah struktur
organisasi yang mempertahankan otoritas pengambilan keputusan ditingkat
manajemen puncak dimarkas besar perusahaan
-
Otoritas
yang terdesentralisasi
Sebuah struktur
organisasi yang mendelegasikan otoritas pengambilan keputusan kepada manajer
tingkat lebih rendah yang lebih familier dengan kondisi lokal ketimbang
manajemen markas besar
2. Rentang kendali
Jumlah optimal bawahan yang diawasi atau yang harus diawasi oleh seorang
manajer
3. Struktur organisasi yang tinggi
versus datar
-
Struktur
organisasi yang tinggi
Struktur organisasi
dimana bagan organisasi piramida akan sangat tinggi dikarenakan berbagai
tingkat manajemen
-
Struktur
organisasi yang datar
Struktur organisasi yang
memiliki sedikit lapisan manajemen dan rentang kendali yang luas
4. Departementalisasi
Pembagian fungsi organisasional menjadi unit-unit terpisah
MODEL-MODEL
ORGANISASI
A. ORGANISASI JALUR
Organisasi yang memiliki jalur dua arah langsung untuk tanggung jawab,
otoritas, dan komunikasi yang berjalan dari atas ke bawah organisasi, dengan
semua orang melapor hanya pada satu supervisor
B. ORGANISASI JALUR DAN STAF
-
Personel
jalur
Para karyawan yang
merupakan bagian dari rantai komando yang bertanggung jawab untuk mencapai
tujuan organisasional
-
Personel
staf
Para karyawan yang
menasihati dan membantu personel jalur dalam mencapai tujuan mereka
C. ORGANISASI GAYA MATRIKS
Organisasi yang mengumpulkan para spesialis dari bagian-bagian berbeda
organisasi untuk mengerjakan proyek-proyek tertentu, tetapi masih merupakan
bagian struktur jalur dan staf
D. TIM-TIM MANDIRI LINTAS FUNGSIONAL
Kelompok karyawan dari departemen yang berbeda yang bekerja sama secara
jangka panjang
MENGATUR
INTERAKSI ANTARPERUSAHAAN
Melibatkan
pelanggan, pemasok dan distributor, pemerintah, jejaring adalah
menggunakan teknologi komunikasi dan cara lain untuk menghubungkan
organisasi-organisasi dan memungkinkan mereka untuk bersama-sama mencapai objektif
umum. Organisasi-organisasi dihubungkan dengan internet, sehinggan setiap
organisasi dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh organisasi lain
secara real time. Real time berarti saat sekarang atau waktu aktual saat sesuatu
terjadi. Efek internet adalah sebuah konsep yang agak baru yang disebut
transparasi. Transparasi adaalah konsep yang mendeskripsikan sebuah
perusahaan yang begitu terbuka dengan perusahaan lain yang bekerja sama
dengannya, sehingga penghalang yang tadinya solid diantara mereka menjadi
tembus pandang dan informasi elektronik dibagikan seolah perusahaan-perusahaan
itu adalah satu perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang dapat digantikan yang
bergabung dan pergi sesuai kebutuhan disebut korporasi virtual yaitu
jaringan organisasi temporal yang terdiri atas perusahaan-perusahaan yang dapat
digantikan yang bergabung dan pergi sesuai kebutuhan. Benchmarking adalah
membandingkan praktik, proses, dan produk satu organisasi dengan praktik,
proses, dan produk organisasi terbaik dunia.
BERADAPTASI
TERHADAP PERUBAHAN
Struktur
perubahan-perubahan dalam pasar :
-
Restrukturisasi
untuk pemberdayaan
Restrukturisasi adalah
mendesain ulang sebuah organisasi, sehingga dapat secara lebih efektif dan
efisien melayani pelanggannya
-
Berfokus
pada pelanggan
-
Menciptakan
kultur organisasional yang berorientasi pada perubahan
Kultur organisasional /
korporat yaitu nilai yang dimiliki secara luas didalam organisasi yang
memberikan kesatuan dan kooperasi untuk mencapai tujuan umum
-
Organisasi
formal dan informal
Organisasi formal adalah
struktur yang memperinci jalur-jalur tanggung jawab, otoritas, dan posisi yang
berarti, struktur yang diperlihatkan dibagian organisasi
Organisasi informal adalah
sistem hubungan yang berkembang secara spontan ketika para karyawan bertemu dan
membentuk pusat kekuatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar